Cara Merawat Kura-Kura dengan Teknik yang Benar 

Cara Merawat Kura-Kura dengan Teknik yang Benar – Kura-kura adalah salah satu hewan yang banyak digemari oleh manusia karena bentuknya yang sangat unik dan dapat berumur panjang. Biasanya, ada beberapa kendala ketika Anda ingin memelihara kura-kura. Masalah utamanya adalah berasal dari aman tidaknya tempat kura-kura.

Seringkali kura-kura hilang karena mudah keluar dari tempat yang disediakan. Selain itu, kura-kura juga banyak yang mati karena penempatan tempat yang kurang nyaman bagi mereka. Pada pembahasan kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai cara memelihara dan merawat kura-kura dengan teknik yang benar

Mengetahui Jenis Kura-Kura

Cara merawat kura-kura yang pertama Anda harus mengetahui jenis dan karakteristik dari hewan tersebut. Sebagai informasi, jenis kura-kura dapat dibedakan menjadi 3 macam yaitu kura-kura darat, amfibi, dan akuatik. Anda harus mengetahui jenis kura-kura terlebih dahulu untuk membuat tempat hidup dan makanan yang cocok untuk mereka.

Seperti contoh jika kura-kura akuatik ini biasanya hidup di air. Oleh karena itu, Anda harus siap menyediakan kolam atau akuarium untuk tempat tinggal mereka. Cari tahu jenis air untuk tempat hidupnya. Dengan begitu, kura-kura akan nyaman dan dapat bertahan hidup dengan jangka waktu yang lama.

Menyiapkan Tempat yang Sesuai

Jika Anda berniat untuk memelihara kura-kura maka tentu saja harus mempersiapkan tempat sebagai habitat barunya. Untuk pemilihan tempat Anda harus menyesuaikan dengan jenis dan ukuran kura-kura itu sendiri. Berikan tempat yang nyaman dan tidak terlalu sempit. Jika Anda menggunakan akuarium pilihlah tempat yang luas dan besar. Dengan begitu, kura-kura akan leluasa hidup di dalamnya.

Ini harus diperhatikan karena jika tempatnya terlalu kecil maka kura-kura akan merasa stress. Dari stress itu kemungkinan kura-kura bisa mati secara mendadak. Oleh karena itulah Anda harus menyiapkan tempat yang sesuai sebagai cara merawat kura-kura terbaik.

Memperkirakan Jumlah Kura-Kura 

Selanjutnya dalam membeli kura-kura sebaiknya Anda membeli tidak hanya satu. Carikan teman untuk kura-kura agar mereka bisa hidup tanpa kesepian. Minimal Anda harus membelinya sepasang agar mereka tidak stress dan bisa bermain. Jumlah-kura-kura ini juga harus didasarkan pada tempat kura-kura tersebut.

Jangan membeli kura-kura terlalu banyak juga jika Anda tidak mempunyai tempat yang nyaman untuk mereka. Dapat disimpulkan jika Anda bisa membeli kura-kura dengan minimal jumlah 2 ekor dan maksimal tidak terhingga sesuai dengan tempat yang memadai.

Memperhatikan Makanan Kura-Kura

Cara merawat kura-kura yang berikutnya adalah dengan memperhatikan makanan mereka. Jika Anda adalah orang awam mengenai hal ini bisa berkonsultasi kepada ahlinya ketika membeli kura-kura. Tanyakan makanan yang bagus untuk kura-kura dan bila perlu berikan vitamin agar aktivitas mereka selalu baik setiap harinya.

Pemberian jadwal makan juga harus diperhatikan. Anda harus memperhatikan dengan hitungan yang tepat. Seperti contoh untuk kura-kura dewasa biasanya diberikan makanan dua kali sehari. Berikan sayur-sayuran seperti selada, wortel, dan semacamnya.

Membersihkan Kandang Kura-Kura

Kandang merupakan tempat tinggal untuk habitat baru kura-kura. Untuk itu, kandang yang digunakan harus sangat nyaman agar kura-kura tetap sehat jika berada di dalamnya. Tujuan dari pembersihan kandang tentu saja agar terlihat lebih bersih, rapi, dan jauh dari penyakit. Kandang kura-kura ini bisa Anda bersihkan tiga minggu sekali.

Ini juga tergantung pada jenis kura-kura apa yang sedang Anda pelihara. JIka Anda memelihara kura-kura jenis akuatik maka bersihkan kotoran pada akuarium dengan menggunakan jaring atau semacamnya. Ini akan mempermudah Anda dalam proses pembersihan. Setelah itu, ganti 25% air setiap minggunya agar akuarium selalu terlihat bersih dan kura-kura akan semakin nyaman hidup disana.

Memperhatikan Waktu Penjemuran Kura-Kura

Untuk mendapatkan kura-kura yang sehat Anda harus bisa memberikan waktu untuk mereka berjemur. Waktu penjemuran biasanya sekitar 15 hingga 20 menit. Anda bisa meletakkan kura-kura di taman yang terkena sinar matahari secara langsung. Ini ditujukan agar kura-kura bisa memiliki cangkang yang kuat.

Selain itu, proses penjemuran juga digunakan untuk menghindarkan kura-kura dari penyakit yang akan menyerang mereka. Lalu, bagaimana jika kura-kura tersebut hidup secara indoor atau dalam ruangan? Anda bisa melakukan penjemuran dengan menggunakan lampu UV agar proses penjemuran bisa dilengkapi dengan baik.

Memeriksa Kura-Kura Secara Rutin

Cara merawat kura-kura kali ini ditujukan agar Anda selalu mengetahui keadaan mereka. Terkadang, mereka menunjukkan ciri-ciri ketika mereka sedang sakit. Sebenarnya, kura-kura adalah hewan yang sangat rentan terhadap penyakit. Untuk itu, Anda harus selalu cek keadaan mereka mulai dari cangkang (tempurung), mata, paruh, dan semua badan.

Jika terdapat kotoran atau jamur pada tempurung kura-kura sebaiknya Anda harus segera membersihkannya. Pada saat itu pasti ada virus, bakteri, atau jamur yang sedang melekat pada diri mereka. Jangan lupa pastikan tubuh kura-kura normal dan tidak ada tanda-tanda sakit seperti melepuh atau semacamnya.

Jangan Memegang Kura-Kura secara Sembarangan

Biasanya, para pemelihara kura-kura akan selalu memegang kura-kura entah itu untuk melihat kondisinya atau hal yang lain. Pastikan dalam memegang kura-kura Anda tidak menekan mereka dengan keras. Jangan lupa berhati-hati dalam memegang karena biasanya ada orang yang menjatuhkan kura-kura tanpa disengaja.

Cangkang atau tempurung kura-kura memang sangat keras. Namun, jika Anda menjatuhkannya maka tentu saja cangkang tersebut bisa retak hingga pecah. Dari keretakan itulah yang akan membuat mudah virus dan bakteri yang akan masuk ke dalam tubuh mereka. Oleh karena itu, selalu hati-hati dan tetap waspada dalam memegang kura-kura.

Merendam Kura-Kura secara Rutin

Cara merawat kura-kura selanjutnya Anda Juga harus merendam kura-kura ke dalam air secara rutin. Ini juga dikhususkan untuk bayi kura-kura. Perendaman ini dilakukan untuk menstabilkan kondisi tubuh dengan kondisi lingkungan. Untuk merendam bayi kura-kura jangan menggunakan air terlalu banyak karena ini akan membuat mereka tenggelam dan tersiksa.

Anda bisa merendam kura-kura ini dalam waktu dua hari dalam seminggu. Usahakan air yang digunakan bersih agar kura-kura terlihat fresh dan terhindar dari penyakit.

Membawanya Kontrol ke Dokter Hewan

Kura-kura itu sangat banyak jenisnya dan tentu saja sangat mempengaruhi harga jual dari hewan tersebut. Kura-kura darat dengan ukuran yang besar dan usia yang tua juga bisa memiliki harga jual yang sangat mahal. Untuk itu, Anda harus bisa merawat mereka dengan baik. Jika perlu, bawa kura-kura tersebut ke dokter hewan untuk dikontrol.

Selain itu, dengan membawa kura-kura ke dokter hewan juga akan membuat hewan agar lebih terkontrol. Penyakit yang ada di kura-kura juga bisa dideteksi dan disembuhkan dengan bantuan dokter hewan.

Itulah penjelasan mengenai cara merawat kura-kura dengan baik. Beberapa tips di atas harus Anda pahami dan terapkan dalam memelihara kura-kura. Jangan lupa untuk mengenal jenis kura-kura terlebih dahulu untuk mengetahui kebutuhan mereka. Gunakan kandang atau akuarium yang memadai agar mereka dapat hidup dengan nyaman.

Jangan lupa untuk kontrol makanan pada kura-kura. Proses penjemuran kura-kura juga sangat dibutuhkan agar kura-kura dapat terkena manfaat sinar matahari yang begitu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *