Cara Merawat Kucing Berdasarkan Jenis dan Kondisinya

Cara Merawat Kucing Berdasarkan Jenis dan Kondisinya – Kucing salah satu hewan menggemaskan yang biasa dijadikan teman bermain anak-anak bahkan orang dewasa. Keberadaannya, memang tidak seberguna hewan mamalia lainnya, seperti sapi atau kambing. Tapi, tidak jarang juga hewan peliharaan ini diperjual belikan, jadi tidak hanya bisa sebagai teman bermain saja.

Buat Anda yang sedang memelihara kucing, baik hanya sebagai hewan peliharaan di rumah atau yang mau dibuat bisnis. Kami ada beberapa tips merawat kucing mulai dari kucing persia, kampung, anggora, kucing lagi hamil, anak kucing yang baru lahir, kucing yang masih kecil, kucing sedang sakit kemudian tips merawat kucing supaya bisa gemuk dan nurut.

Cara Merawat Kucing

Secara umum, kucing memang memerlukan perawaratan intensif supaya kucing peliharaan selalu sehat dan bisa tumbuh dengan baik. Tidak mengalami demam, flu dan bulunya tetap kusut dan tipis.

Dari berbagai macam-macam jenis kucing, perawatannya memang berbeda tergantung dari kondisi kucing dan jenisnya. Sejauh ini jenis kucing yang kami ketahui ada kucing domestik, persia, anggora, kampung, siam, rangdoll, maine coon, sphynx, russian blue, bengal dan munchkin. Hanya saja yang lumrah dipelihara di sini seperti kucing persia, anggora dan kampung.

Lalu bagaimana cara merawat kucing persia, anggora dan kucing tersebut?

Perawatan Kucing Persia

Kucing mahal dan lucu ini sayang kalau sembarang diberikan perawatan. Nah, untuk itu Anda harus mengetahui cara merawatnya, walaupun memang sedikit merepotkan, tapi bermain dengan kucing persia di rumah sangat menyenangkan bukan…? Jadi, merawatnya adalah kesenangan tersendiri yang tak akan dilewatkan bagi Anda pecinta kucing.

– Perawatan Bulu Kucing Persia

Jika bulu kucing persia Anda mulai terlihat kusut dan kusam, segera konsultasikam masalah tersebut ke ahlinya. Kalau Anda mempunyai kucing persia yang bulunya panjang, jangan lupa untuk menyisirnya minimal 2x sehari dan sering mengelapnya dengan tisu saat bermain.

–  Perhatikan Asupan Kucing Persia

Cara merawat kucing persia selanjutnya adalah asupan vitamin pada makanannya harus diperhatikan, sehingga kucing tidak hanya nampak sehat dari luar tapi juga bugar dari dalam. Jika kucing mengalami masalah pada saluran mata, sediakan tisu untuk mengelap hidung dan ruang matanya. Sebab, kucing persia cenderung mengalami masalah tersebut, sehingga sering mengeluarkan air mata.

– Bersihkan Kandang

Buat kucing nyaman dengan tempat istirahatnya, jagalah kebersihan kandang kucing supaya kesehatannya terjaga.

– Ajak Bermain dan Berjemur

Untuk mengurangi stres, ajak kucing bercanda dan berjemur supaya kucing tetap lincah dan sehat. Ingat, jangan sekali-kali membentak kucing.

Perawatan Kucing Kampung

Walaupun hanya kucing kampung,tidak jarang pecinta kucing yang menyukainya. Buat Anda pemelihara kucing ini, mandikan kucing minimal 1× seminggu, berikan vitamin khusus dan makanan daging ayam rebus atau makanan khusus kucing. Hindari memberikan makan dengan ikan asin, sebab itu membuat bulu kucing jadi rontok. Terakhir jangan lupa untuk membersihkan telinganya supaya kotorannya tidak menumpuk.

Cara Memelihara Kucing Anggora

Cara merawat kucing berbulu lebat menawan ini, pertama Anda harus menyiapkan kandang yang luas, menyisir bulunya 2x sehari, dimandikan dua bulan 1×, potong kuku, telinga dan juga giginya, perhatikan pola makan dan asupan kucing, lakukan pemeriksaan medis secara berkala, berikan vaksin dan yang lebih penting ajak kucing anggora kesayangan Anda bermain dan bercanda. Sebab, kucing ini sangat manja pada pemiliknya.

Itulah beberapa perawatan penting untuk kucing dari beragam jenis yang ada. Nah, selanjutnya, bagaimana perawatannya jika kucing hamil, baru lahir, masih kecil dan mengalami penyakit? Berikut ulasan lengkapnya!

Perawatan Kucing Hamil

Kucing Anda penting untuk dirawat, apalagi dalam kondisi sedang hamil. Tentu membutuhkan perawatan yang lebih intensif lagi. Bagaimana caranya? Berikan kucing kandang khusus, pisahkan dengan temannya, berikan pasir zeolit pada alas kandang, mempingit kucing supaya tidak berkeliaran dan  memperhatikan asupan dan pola makannya.

Selain itu, kucing juga tidak boleh diberikan obat-obatan sembarangan, konsultasikan ke dokter hewan apabila kucing sakit. Tidak lupa juga untuk selalu mengecek kondisi kesehatannya.

Perawatan Kucing Baru Lahir

Cara merawat kucing baru lahir adalah dengan memberikan tempat tidur dan selimut yang hangat, berikan susu khusus anak kucing dan berikan stimulasi supaya bisa BAB.

Tidak hanya itu, tubuh kucing baru lahir harus diperhatikan juga kebersihan tubuhnya dan penting untuk diingat proses penyapihannya mulai dari hanya susu sampai bisa makan makanan padat.

Perawatan Kucing Kecil

Kucing yang masih kecil tentu membutuhkan perawatan lebih dari yang sudah dewasa. Kucing kecil harus dijaga kebersihan tubuh dan kandangnya, begitu pula asupannya, jika kucing masih sangat kecil berikan ia susu khusus dan hindari pemberian makanan yang padat serta jangan lupa berikan selimut hangat ketika tidur.

Perawatan Kucing Sakit

Supaya sakitnya tidak semakin parah penting sekali untuk Anda mengetahui cara perawatan kucing yang lagi sakit. Rawat kucing dengan sering membersihkan area kandang dan tubuhnya, jangan sembarang memberikan obat manusia, sediakan minum yang cukup, berikan makan secara rutin dan jangan sampai kucing merasa kelaparan. Untuk makanan bisa Anda berikan makanan yang beraroma menarik supaya kucing yang lagi sakit nafsu makannya meningkat.

Lalu bagaimana solusinya jika ternyata Anda memiliki kucing kurus dan susah gemuk atau buat Anda yang kucingnya nakal? Berikut kami sajikan pembahasan terkait cara merawat kucing supaya gemuk dan kucing nakal bisa nurut pada Anda!

Perawatan Kucing supaya Gemuk

Supaya kucing lebih cepat gemuk caranya adalah dengan memoleskan makanan kucing yang bersifat basah pada hidungnya agar nafsu makan kucing bertambah. Berikan si kucing makanan yang mengandung protein tinggi tapi tetap juga memperhatikan selera makan kucing.

Selain itu jangan lupa memberikan kucing vitamin dan vaksin supaya sehat dan pertumbuhannya semakin cepat serta hindari kucing dari stres. Ajak kucing bermain supaya moodnya terjaga, kalau bisa di ruangan yang ber-AC, sebab suhu dingin bisa membuat kucing tambah gemuk.

Perawatan Kucing supaya Nurut

Kucing liar dan cenderung nakal, memang sangat menyebalkan untuk itu memeliharanya supaya nurut merupakan hal yang Anda butuhkan. Nah, lalu bagaimana caranya?

Caranya, kurung kucing di tempat yang tertutup tapi tetap berikan kucing kesempatan untuk bermain di luar. Terutama saat makan, berikan makanan yang cukup dan bergizi saat ia makan diuar rumah. Kemudian jangan lupa untuk mencoba bermain dengan kucing tanpa menyentuh.

Jika sudah mulai akrab dengan Anda, berikan sentuhan yang lembut pada kucing dan perhatikan juga bahasa tubuhnya supaya Anda tau nyaman tidaknya kucing saat disentuh.

Nah, demikianlah pembaca cara merawat kucing berdasarkan jenis dan kondisi psikisnya. Buat Anda yang memelihara kucing persia, anggora dan kucing kampung bisa mencoba tips perawatan di atas. Begitu pula Anda yang memiliki kucing yang kondisinya sedang hamil, baru lahir, dan masih kecil atau yang bermasalah kesehatannya serta kondisi psikisnya yang tidak stabil. Kemungkinan besar tips perawatan kucing di atas sangat efektif tuntaskan masalah dan penyakit pada kucing kesayangan Anda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *