Cara Merawat Ikan Cupang Supaya Tetap Sehat dan Cantik

Cara Merawat Ikan Cupang Supaya Tetap Sehat dan Cantik – Siapa yang tidak mengenal ikan hias yang satu ini? Ikan cupang adalah ikan hias yang tak lekang oleh zaman. Bagi Anda pecinta ikan hias ikan ini mungkin sudah masuk dalam list ikan yang harus dikoleksi  karena keindahannya yang mampu menyihir mata.

Di tengah pandemi covid 19 seperti sekarang orang-orang mulai melakukan segala aktivitasnya dari rumah. Mulai bekerja hingga sekolah terpaksa harus dari rumah, hal ini menyebabkan sebagian orang jenuh lantaran aktivitas yang terbatas. Sekarang ini banyak aktivitas yang menjadi trending yang bisa Anda contoh salah satunya mengoleksi ikan. Dalam mengoleksi ikan ini Anda harus tahu bagaimana cara merawat ikan cupang agar Anda tidak hanya sekedar memelihara.

Jenis-jenis Ikan Cupang

 

Ikan cupang memiliki nama latin Betta sp. adalah ikan air tawar yang memiliki habitat asal di beberapa Negara kawasan Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Brunei Darussalam, Thailand, Singapore, Malaysia, dan Vietnam. Di alam liar ikan ini hidup pada Rawa, Danau, dan Sungai yang memiliki arus tenang.  Di Indonesia sendiri memiliki cupang yang di temukan di Pampang, Kalimantan Timur dengan salah satu jenis Betta Channides.

Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang mampu bertahan hidup cukup lama. Ikan ini memiliki bentuk yang unik dan menarik serta termasuk cukup agresif dalam mempertahankan wilayahnya. pada umumnya ada tiga golongan ikan cupang yaitu cupang hias, cupang petarung, cupang liar.

Terdapat banyak jenis ikan cupang yang ada sekarang ini mulai. Berikut jenis-jenisnya yang sudah kami rangkum:

  1. Jenis ikan cupang yang mengerami telurnya didalam mulut:
  • Betta Pugnax (Forest Betta)
  • Betta Taenieta(Banned Betta)
  • Betta Macrostoma (Bruney Beauty)
  • Betta Unimaculata (Golden Slender)
  • Betta Picta (Painted Betta)
  • Betta Anabontoides (Pearly Betta)
  • Betta Edithae (Betta Brederi)
  • Betta Foerchi(Purple Saphire Betta)
  1. Jenis ikan cupang yang membangun sarangnya dengan busa:
  • Betta Akarensis (Sarawak Betta)
  • Betta Coccina(Clorat’s Betta)
  • Betta Bellica (Standart’s Betta)
  • Betta Tesyae (Peaceful Betta)
  • Betta Smaragdina (Emerald Betta)
  • Betta Imbelis (Slugger’s Betta)
  • Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)
  1. Jenis ikan cupang lain yang dikenal
  • Betta Albimarginata
  • Betta Channoiddes
  • Betta Balunga
  • Betta Breviobesus
  • Betta Enisae
  1. Beberapa jenis ikan cupang hias
  • Halfmoon (setengah bulan)
  • Crowntail (ekor mahkota)
  • Double tail(ekor ganda)
  • Plakat Halfmoon
  • Giant (cupang raksasa)

Cara Merawat Ikan Cupang dengan Baik

 

Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang mudah untuk dipelihara, namun meskipun begitu perawatan yang salah menyebabkan sirip ikan dan ekor akan rusak. Jika sirip ikan dan ekor rusak maka akan menyebabkan keindahannya berkurang, sebab ikan hias yang satu ini dinilai dari keindahan sirip serta ekornya. Dibawah ini merupakan cara perawatan ikan cupang yang baik dan benar:

  • Ganti air dua hari sekali

Kebersihan dan kesehatan air menjadi factor penentu utama terhadap kesehatan ikan. Air yang bersih dan dan sering diganti menjadikan ikan sehat dan tidak stress sehingga keindahannya terjaga. Penggantian air tidak perlu setiap hari cukup dua hari sekali saja.

  • Pindahkan ikan cupang tanpa menyentuhnya

Dalam memindahkan ikan cupang sevaiknya menggunakan wadah dengan sedikit air. Cara ini lebih baik daripada menggunakan tangan atau jaring dikarenakan akan menyebabkan siripnya rusak.

  • Memberikan pakan  hidup disbanding pakan kering

Cara merawat ikan cupang selanjutnya yaitu dengan memberikan pakan hidup berupa jentik-jentik nyamuk, cacing, ataupun ulat daripada pellet ikan, hal ini karena di habitat aslinya makanan yang biasa dimakan berupa ikan-ikan kecil, jentik nyamuk, dan cacing kecil.

Cara Merawat Ikan Cupang Serit

Ikan cupang serit (crowntail) merupakan salah satu jenis cupang yang menjadi favorit. Dalam perawatannya ikan cupang jenis ini harus ekstra. Dibawah ini langkah-langkah dalam merawat ikan cupang.

  • Mulai umur 1 bulan ikan cupang sudah bisa Anda bedakan mana yang betina dan jantan. Ciri dari ikan cupang jantan adalah memiliki warna yang terang, sedangkan untuk ikan cupang betina memiliki warna yang cenderung redup  serta bentuk badannya lebih oval daripada ikan cupang jantan.
  • Pisahkan anakan ikan cupang jika sudah berumur 2 bulan. Hal ini karena ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan karnivora dan termasuk juga jenis ikan kanibalisme, jadi untuk menghindari ikan yang rusak siripnya akibat bertarung lebih baik Anda pisahkan.
  • Cara merawat ikan cupang selanjutnya yaitu Anda harus memberikan pakan ikan dengan jentik atau kutu air.
  • Berikan daun ketapang kering untuk menetralisir PH dalam air.

Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon

 

Untuk perawatan ikan cupang halfmoon anda memerluka perawatan yang sangat ekstra karena siripnya yang lebar memudahkan ikan hias terserang parasite sehingga menyebabkan sirip ikan tidak mekar dengan sempurna. Kami akan memberikan tips untuk Anda bagaimana perawatan ikan cupang.

Ukuran Akuarium

Pemilihan akurium yang besar menyebkan ikan dapat bergerak secara leluasa, untuk hal itu biasanya orang-orang menggunakan 30 x 15 x 20 atau 15 x 20 x 15. Jangan sampai menggunakan akuarium yang sempit, karena penggunaan akuarium seperti itu bisa mambuat sirip ikan cupang milik Anda rusak.

Air

Air merupakan salah satu hal terpenting, cara merawat ikan cupang yang satu ini bisa menggunakan air sumur yang bersih dan tidak tercemar. Bagi Anda yang menggunakan air PAM sebaiknya diendapkan dulu, karena air PAM mengandung kaporit yang bisa dinetralkan dengan cara diendapkan.

Obat Ikan Cupang

Ikan cupang jenis halfmoon memang rentan terserang parasite, untuk itu agar tidak terserang penyakit berikan garam ikan dan methylene blue dengan perbandingan 1 : 6 liter.

Pakan ikan cupang

Selanjutnya Anda harus memberikan ikan cupang makanan, pakan yang digunakan sebaiknya menggunakan jentik atau cacing atau kutu air, atau Anda bisa menyelinginya dengan pellet. Pemberian pakan bisa dilakukan 2x sehari. Berikan pakan secukupnya karena jika berlebihan akan berbahaya pada ikan cupang itu sendiri.

Kebersihan Akuarium

Cara merawat ikan cupang selanjutnya yaitu menjaga kebersihan akuarium sebanyak 2 hari sekali. Cara pembersihannya yaitu dengan cara menyedot kotoran ikan yang menempel didasar akuarium menggukan selanng kecil. Untuk perombakan air biasanya dilakukan 2 minggu sekali. Jika terlalu sering bisa  menyebabkan ikan stress.

Cara Merawat Ikan Cupang Kontes

 

Ikan cupang adalah jenis ikan hias yang mengandalkan segi estetik, sehingga terkadang ada kontes ikan cupang dengan tropi yang besar. Untuk mengikuti kontes, ikan cupang harus memiliki performa yang bagus serta  mental yang kuat dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kontes. Untuk itu diperlukan perawatan ekstra.

Perawatan yang harus Anda lakukan unttuk ikan cupang hias kontes adalah:

Kulitas Air Merawat Cupang Hias Kontes

Air memiliki peranan penting. Kualitas air yang bagus biasa membuat iikan sehat, air yang sehat yaitu yang memiliki pH 6,2 – 7, hal ini sepenuhnya sama karena Indonesia memeiliki pH air 5,2 – 6,8. Air harus memiliki kadar kesadahan 8 – 10 derajat dH. Cara merawat ikan cupang setelahnya Pastikan air tidak mengandung amonia yang tinggi, dengan cara membersihkan sisa pakan dan kotoran ikan. Menjaga kadar oksigen dalam air dengan menambahkan tanaman air yang mampu berfotosintesis.

Cara Merawat Ikan Cupang Giant

 

Ikan cupang giant merupakan jenis ikan yang dikembangkan oleh Mr. Athapon dan putranya Mr. Natee yang berasal dari Thailand pada tahun 1999. Mereka mengawinkan silang ikan cupang berukuran 10 cm untuk menghasilkan ikan cupang dengan ukuran yang lebih besar, hingga mereka berhasil mencapai target yang diinginkan. Sehingga pada 2001 mereka sudah memasarkan ikan cupang giant.

Perawatan ikan cupang giant hampir sama dengan perawatan ikan cupang lainnya, yang menjadi perbedaan adalah sebagai berikut.

Ukuran Akuarium

Ukuran akuarium untuk ikan cupang giant anakan adalah 15 x 15, sedangkan untuk ikan cupang giant yang berusia 3,5 bulan adalah 25 x 25. Hal ini agar ikan giant milik Anda dapat bergerak secara leluasa. jika akuarium yang Anda gunakan tergolong kecil bisa melukai sirip serta ekor, dan juga bisa membuat ikan depresi lantaran tidak bisa bergerak bebas.

Penambahan Aerator Air

Aerator air bertujuan untuk mengalirkan oksigen dalam air selain tumbuhan, jadi jika dalam akuarium Anda tidak ada aerator segera berikan supaya ikan bisa hidup lebih lama.  Cara merawat ikan cupang jenis giant memang memerlukan tambahan aerator,  karena sejak umur 3,5 bulan ikan ini mulai malas untuk bergerak

Pemberian Pakan Ikan Cupang Giant

Pemberian makan ikan cupang giant berbeda dengan ikan cupang lainnya, untuk ikan cupang giant berumur 2 – 4,5 bulan adalah 3 kali sehari. Sedangkan ikan cupang giant berumur diatas 4,5 dikurangi 2-3 kali sehari, hal ini karena kondisi pencernaan ikan pada usia ini sangat rentan dan lemah.

Cara Merawat Ikan Cupang yang Hampir Mati

 

Ikan cupang merupakan ikan hias yang memiliki keunikan pada sirip dan ekornya yang memuat kesan estetik, termasuk dalam jenis ikan yang agresif. Ikan ini memiliki waktu hidup selama 6 tahun. Ikan ini termasuk memiliki daya tahan hidup yang cukup kuat, namun tidak menutup kemungkinan ikan sakit atau sampai sekarat yang disebabkan oleh kondisi air yang yang tidak bersih, dan terlalu banyak memberi pakan.

Dibawah ini merupakan cara merawat ikan cupang yang hamper mati atau dalam keadaan sekarat:

Memberikan Obat

Anda bisa memberikan obat pada ikan cupang, obatnya bisa Anda beli sendiri seperti kanamicyn,  bettazing atau battamax, tetracycline, ampicillin, eliminator, jamur hutan, maracin 1 dan maracin 2. Atau Anda bisa mengunjungi dokter hewan untuk mengetahui mengapa ikan cupang milik Anda sampai sekarat.

Menjaga Kondisi Akuarium

pastikan air yang gunakan sesuai dengan ketentuan yang sudah di bahas di atas, Anda hanya tinggal memasukkan obat-obatan yang memang diperlukan atau obat-obatan khusus untuk ikan cupang Anda. Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Cara merawat ikan cupang  yang sedang sekarat selanjutnya yaitu pastikan Suhu air di akuarium berkisar 24-25 derajat celcius dengan menggunakan pemanas 25 watt, serta masukkan garam ikan dalam akuarium.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai ikan cupang serta cara merawat ikan cupang, ikan cupang memang sangat digandrungi oleh pecinta ikan hias lantaran sirip serta warnanya yang sangat memukau. Untuk mendapatkan warna yang cukup menarik Anda harus merawatnya dengan baik, penjelasannya seperti yang diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *