Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Cara Merawat Hamster Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula – Hamster merupakan hewan yang banyak dipelihara dan termasuk salah satu binatang dengan umur pendek. Bentuknya yang lucu serta mungil memang sangat menggemaskan. Hanya saja karena umurnya yang relatif pendek hamster membutuhkan perawataan ekstra.

Anda suka dengan hamster dan ingin coba memeliharanya? Jangan takut, sebenarnya cara merawat hamster itu susah-susah gampang. Ada beberapa trik yang harus anda ketahui sebelum merawat mereka, simak ulasannya di bawah ini ya.

Jenis – Jenis Hamster

Ternyata hamster banyak jenisnya loh. Seperti halnya kucing dan anjing, hamster memang memiliki banyak penggemar. Biasanya mereka akan diberi kandang tersendiri dengan perawatan yang khusus. Mereka juga bisa dilatih layaknya hewan peliharaan yang lain.

Beberapa jenis hamster yang sering dijumpai adalah jenis hamster seperti Campbell, Winter White, Winter Norrmal ( winter white tiger), Blavk Mottled (panda) Roborovski Husky, Roborovski White Face dan Roborovski Normal, serta yang terakhir Syirian Long Hair dan Short Hair.

Cara Merawat Hamster Dengan Baik

Jika ingin memelihara hamster mulailah dari yang berusia 1.5 bulan, selain sudah cukup kuat biasanya juga masih cukup mudah untuk dijinakkan. Ajak hamster bermain minimal 10-15 menit per harinya. Hamster sangat mudah terkejut sehingga cara mengambilnya pun harus hati-hati, pastikan dia tidak terkejut dan terluka ya.

Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang hamster, jangan memandikan hamster langsung dengan air, lalu bersihkan kandang seminggu sekali, kemudian berikan mereka makanan terbaik bukan hanya biji-bijian tapi berikan juga buah dan sayur agar seimbang.

Sediakan kandang yang aman, nyaman, menyenangkan dan tidak mudah ditembus (berjeruji). Dan yang terakhir jinakkan hamster dengan cara biarkan dia mengendus serta memperhatikan tangan anda.

Cara Merawat Hamster Champbell

Hamster Campbell berkembangbiak dengan sangat baik. Jenisnya pun cukup variatif dengan warna yang cerah seperti jenis panda, satin, dove, argente campbell dll. Karakter dari hamster campbell ini paling agresif dibanding dengan yang lainnya. Jika merasa terancam, mereka akan langsung menggigit kemudian berlari.

Hamster Campbell dapat ditemukan di daerah Asia Tengah seperti di pengunungan Altay dan di daerah provinsi Heilungkiang serta Hebei daerah Tiongkok Timur Laut. Hamster merupakan binatang tropis sehingga lebih sering di temukan di daerah kering seperti padang rumput, padang pasir dan semi gurun dan hidup secara berkelompok.

Ada beberapa cara merawat hamster campbell yang bisa kamu tiru, yaitu pastikan tidak ada anggota keluarga anda yang alergi terhadap hewan berbulu, pilih hamster campbell yang berasal dari petshop atau peternak terpercaya agar kita tau kualitas keturunannya.

Kemudian tentukan tujuan anda memelihara hewan ini apakah hanya sekedar hobi atau untuk di budidaya, selanjutnya pastikan untuk melengkapi semua kebutuhan hamster sebelum anda membeli kandang jeruji ataupun akuariumnya, dan yang terakhir ajak hasmster campbell bermain di luar agar tidak stress karena hamster jenis ini terkenal galak serta suka menggigit.

Cara Merawat Hamster Winter White

Hamster ini termasuk spesies pada genus Phodopus. Hamster ini dapat ditemukan di Dzungaria, Kazakhstan, Mongolia dan Manchuria. White Winter bisa hidup selama 1½ sampai 2 tahun bahkan lebih dengan perawatan yang baik dan benar.

Menjadi favorite para penggemar hamster, Winter white memiliki bulu yang tebal serta halus. Hamster yang satu ini juga bisa berubah warna tergantung cuaca di sekitar kita. Bulu mereka dapat berganti dari abu-abu menjadi coklat keemasan. Nah jika anda tertarik untuk memeliharanya, yuk simak cara merawat hamster Winter White berikut.

Umumnya hamster Winter white memiliki 3 jenis warna yaitu normal, sapphire, dan pearl. Karakternya juga cukup unik, hamster jenis ini cukup tenang kadang juga ada yang penakut tapi jika sudah jinak dia akan sangat manja dan suka memanjat tangan manusia loh.

Pilihlah kandang yang tepat serta cukup luas dan hindarikan dari matahari langsung karena hamster winter white anda akan kepanasan. Letakkan ditempat yang nyaman dengan sirkulasi udara yang baik. Beri pakan setiap hari dan selalu sediakan air. Dan yang terakhir selalu sebarkan pakanannya di seluruh kandang, jangan di satu tempat karena itu akan membuat mereka lebih banyak makan daripada beraktivitas sehingga dapat menimbulkan kegemukan.

Cara Merawat Hamster Roborovski

Terdiri dari Roborovski White Face dan Roborovski Normal, hamster ini adalah yang paling kecil dan terlincah dibanding dengan jenis yang lain. Cara merawatnya pun cukup mudah, belilah kandang yang cocok dan letakkan alas didalamnya. Hamster jenis ini suka menggali dan bersembunyi maka pastikan kamu menaruh banyak alas minimal 8 cm. Sediakan juga kotak pasir dan simpan dipojok kandang, biasanya hamster dengan senang hati akan menggunakan kotak pasir tersebut daripada mengotori kandang mereka.

Tambahkan dengan mainan beroda dan mainan pengayaan. Itulah beberapa tips cara merawat hamster roborovski yang bisa anda coba praktekan ya.

Cara Merawat Hamster Anggora

Hamster Anggora merupakan nama lama lain dari hamster Syrian. Hamster jenis ini memiliki ciri dengan panjang tubuh sekitar 16 sampai 18 cm dengan bulu yang lumayan panjang. Hamster Anggora memiliki karakter khusus yaitu kesukaannya menyendiri. Hal ini akan mempersulit saat anda akan mengandangkannya dengan hamster lain.

Salah satu tips yang bisa anda lakukan adalah merawat dua hamster jenis anggora secara bersamaan sejak masih kecil. Cara merawatnya pun cukup mudah, sama seperti umumnya hamster yang lain.

Persiapkan kandang, tambahkan alas yang tebal, beri pakan bergizi setiap hari, jangan lupa untuk membersihkan kandangnya juga dan yang terakhir jangan lupa untuk menambahkan mainan favoritenya ya.

Cara Merawat Hamster Syrian Long Hair

Hamster Syrian mempunyai beberapa varian bulu, salah satunya adalah syrian long hair. Karena memiliki bulu yang panjang, hamster ini membutuhkan penanganan dan perawatan yang lebih spesial. Gimana sih cara merawatnya? Nah, berikut adalah cara merawat hamster syrian long hair.

Hindari menggunakan serbuk kayu sebagai alas, sebaginya gunakan pasir. Karena bulunya yang panjang seringkali serbuk kayu tersangkut dan melilit di tubuh hamster Syrian long hair. Kemudian sisirlah bulu hamster ini setiap hari, dan walaupun berbulu panjang jangan pernah memandikan mereka dengan air.

Karena habitatnya yang berasal dari gurun pasir, hamster memang tidak suka air. Jika anda memandikannya dengan air, maka dia akan kedinginan dan terkadang berujung kematian. Anda juga tidak boleh memelihara 2 ekor hamster jenis ini dalam satu kandang. Hamster jenis ini lebih suka sendirian atau soliter, sehingga jika mereka digabung akan terjadi perkelahian.

Cara Merawat Hamster Hamil

Penting untuk mengetahui ciri-ciri hamster yang sedang hamil dan juga cara untuk merawatnya. Jika Anda seorang pemula ada baiknya cermati beberapa tips cara merawat hamster hamil berikut ini.

Hamster yang sedang hamil cenderung lebih sensitif dan mengonsumsi pakan lebih banyak. Terlihat kurang tertarik untuk bermain dan jauh lebih galak serta agresif. Bentuk tubuhnya pun berubah menjadi seperi buah pear, bohlam atau alpukat.

Untuk itu segera jauhkan dia dari keramaian dan pisahkan dari hamster jantannya. Kemudian beri pakan yang cukup, singkirkan mainan dalam kandang, dan siapkan bahan untuk membuat sarang.

Cara Merawat Hamster Yang Baru Melahirkan

Saat hamster anda telah melahirkan jangan pernah memegang bayinya. Serta jangan sekali-kali memisahkan induk hamster dengan anaknya, karena pasti anak hamster akan mati semua.

Baru setelah si bayi berumur 3 minggu, boleh dipisahkan dari ibunya. Berikan waktu sekitar 1-2 minggu agar si induk bisa beristirahat memulihkan stamina. Lalu boleh dicampur lagi dengan pejantan dan mainannya juga. Dan ingat jangan mencampur bayi hamster tersebut dengan kedua induknya, sebab si pejantan bisa saja membunuh anak-anak mereka dan memakannya karena hamster termasuk hewan yang kanibal loh.

Cara Merawat Hamster Yang Masih Kecil

Letakkan bayi hamster di tempat yang aman dan jauh dari keramaian kemudian tutupi kandang supaya terlihat gelap. Untuk tempat tidurnya berilah serbuk kayu atau tisu yang sudah disobek-sobek kecil. Hal ini untuk menjaga kehangatan kandang bayi hamster tersebut.

Hamster yang masih kecil sebaiknya di letakan pada alas kandang yang tidak berlubang-lubang atau datar. Anda bisa menggunakan akuarium, untuk menjaga si hamster kecil tidak terjatuh dan terjepit. Hal lainnya yang harus anda perhatikan adalah tentang kebersihan kandang.

Kandang yang bersih sangat baik bagi hamster yang masih kecil, layaknya manusia yang suka dengan tempat tinggal bersih. Tapi di masa 1 sampai 2 minggu setelah dilahirkan tunda dulu membersihkan kandang. Tunggu sampai mereka siap menghadapi anda.

Sekian beberapa ulasan cara merawat hamster yang baik dan benar untuk pemula yang bisa anda coba dan terapkan sendiri ya. Pada intinya memelihara hewan itu sama yaitu harus rajin, tekun, serta sayang terhadap hewan tersebut. Begitu pula dengan merawat hamster, walaupun sedikit merepotkan tapi tingkah gemas dan betapa imut bentuk mereka bisa menjadi hiburan baru untuk anda. Selamat mencoba semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *